Komoditas Prospektif DisbunHorti Sultra

Detail Komoditas : Nilam



Nilam (Pogostemon cablin Benth.) adalah suatu semak tropis penghasil sejenis minyak atsiri yang dinamakan sama (minyak nilam). Dalam perdagangan internasional, minyak nilam dikenal sebagai minyak patchouli (dari bahasa Tamil patchai (hijau) dan ellai (daun), karena minyaknya disuling dari daun). Aroma minyak nilam dikenal 'berat' dan 'kuat' dan telah berabad-abad digunakan sebagai wangi-wangian (parfum) dan bahan dupa atau setanggi pada tradisi timur. Harga jual minyak nilam termasuk yang tertinggi apabila dibandingkan dengan minyak atsiri lainnya.

Tumbuhan nilam berupa semak yang bisa mencapai satu meter. Tumbuhan ini menyukai suasana teduh, hangat, dan lembap. Mudah layu jika terkena sinar matahari langsung atau kekurangan air. Bunganya menyebarkan bau wangi yang kuat. Bijinya kecil. Perbanyakan biasanya dilakukan secara vegetatif.

 

Klasifikasi Nilam

Kingdom : plantae ( tumbuh-tumbuhan )

Divisi : Spermatophyta ( tumbuhan berbiji )

Sub Divisi : Angiospermae ( berbiji tertutup )

Kelas : Dicotyledone ( biji berkeping dua)

Ordo : Labiatales

Famili : Labiatae

Genus : Pogostemon

Spesies : Pogostemon cablin Benth.

 

Manfaat Nilam

1. Mengobati sakit kepala

kegunaan daun nilam yang pertama adalah menjadi obat alternatif untuk mengatasi sakit kepala. berbagaui kandungan senyawa istimewa didalamnya diketahui mampu meredakan sakit kepala, termasuk penyakit migrain.

2. Mengobati penyakit disentri

Selain sakit kepala, penyakit lainnya yang bisa anda atasi dengan menggunakan daun nilam adalah penyakit disentri. Jika anda maupun salah satu dari anggota keluarga anda ada yang tengah mengalami disentri, tidak ada salahnya untuk mencoba ramuan herbal ini untuk mengatasi penyakit tersebut, dan mencegahnya menyerang tubuh kembali.

3. Mengatasi diare

Khasiat daun nilam lainnya yang tak kalah jauh efektif ialah dapat membantu mengobati diare. Di dalamnya sendiri diketahui terdapat kandungan antibakteri yang ampuh untuk mengusir bakteri penyebab diare yang berada disaluran pencernaan anda.

4. Meningkatkan kesehatan rambut

Salah satu diantara daun nilam untuk rambut, yakni membantu rambut menjadi berkilau dan menghilangkan ketombe. Caranya, cukup dengan menggunakan air rebusan daun nilam setelah keramas. Selain dengan menggunakan air rebusan daun nilam, anda juga bisa menggunakan minyak atsiri agar rambut anda mnjadi lebih lembut dan berkilau.

5. Menjaga kesehatan ginjal

Tak hanya dimanfaat sebagai alternatif pengobatan berbagai jenis penyakit, juga bisa menyehatkan berbagai organ tubuh, termasuk salah satu diantaranya adalah ginjal. Ginjal yang sehat mampu membauat tubuh anda menjadi sehat, sehingga tidak menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

6. Menurunkan demam

Daun nilam juga diketahui memiliki fungsi untuk menurunkan demam. Khasiatnya yang bisa menurunkan demam panas atau demam ini baik di berikan juga pada anak ataupun anda yang sering mengalami peningkatan suhu tubuh.

7. Bersifat sebagai antirematik

Manfaat lainnya dari daun nilam adalah bersifat sbagai anti-rematik. Sehingga dengan memanfaat daun ini bisa mencegaj penyakit rematik yang menyerang tulang anda. Selain itu, kelbihan daun nilam untuk tulang juga dapat menguatkan tulang dari serangan penyakit yang memadatkan strukturnya.

8. Mengobati bisul

Penyakit kulit seperti bisul juga bisa diatasi dengan memanfaatkan daun nilam. Dengan memanfaatkan daun ini secara tepat diketahui dapat mengempiskan bisul akibat radang maupun alergi sekalipun.

9. Melancarkan buang air kecil

Susah buang air kecil adalah suatu kondisi yang menandakan bahwasannya tubuh anda sedang tidak sehat. Adapun apabila anda kini tengah memiliki masalah kesehatan tersebut anda bisa mengatasinya secara alami dengan menggunakan daun nilam. Caranya cukup dengan meminum air rebusan air nilam yang didampingi dengan mengonsumsi air putih yang cukup.

10. Membantu menghilangkan bau badan

Bagi anda yang juga memiliki amsalah bau badan berlebih, anda bisa mengatasinya dengan daun ini. Daun ini sendiri diketahui mengandung senyawa yang pas untuk mencegah keringat berlebih pada badan sehingga tidak menimbulkan bau badan yang tidak sedap.

Selain dari pada itu, masih banyak khasiat dan manfaat daun nilam untuk kesehatan. Beberapa diantaranya seperti mencegah penuaan dini, mencegah terjadinya infeksi, mempercepat penyembuhan luka, mengobati borok pada kulit, menghilangkan jerawat, meningkatkan kekebalan tubuh hingga di percaya mamupu mencegah kanker. Salam sehat.

 



No Kabupaten Produksi(Kwintal) Luas Panen(Ha) Produktivitas(Kg/Ha)