Kamus Perkebunan Disbun Horti Sultra

Kamus Perkebunan          

Kosa Kata Kamus
Modal Ventura
Suatu jenis pembiayaan berupa penyertaan modal bersifat sementara oleh Perusahaan Modal Ventura (PMV) kepada Perusahaan Pasangan Usaha (PPU) baik perorangan, kdompok maupun usaha berbadan usaha dengan pola pembagian keuntungan yang akan drtentukan bersama oleh PMV dan PPU
Masa Leluasa
Tenggang waktu pembayaran premi yang diberikan kepada pemegang polis yang dihitung 1 (satu) bulan kalender, yaitu sejak tanggal jatuh tempo pembayaran sampai dengan akhir bulan
Residu Pestisida
Sisa pestisida yang terdapat dalam suatu bahan.
Rekening Petani
Rekening yang dibuka atas nama petani peserta untuk menampung setoran pembayaran Biaya Tenaga Kerja/Labour Incen¬tive Payment (LIP).
Rekening Pengembalian Kredit (Rek.Baldit)
Rekening Bagian Proyek yang ditanda tangani oleh Pemimpin Bagian Proyek dan Benda¬harawan Penerima yang dibuka di Bank yang ada di wilayah kerja UPP untuk menampung setoran Baldit petani.
Rekening Penampungan Pengembalian Pinjaman
Rekening Direktur Jenderal Lembaga Keuangan yang dibuka di kantor cabang Bank Penyalur di Jakarta untuk menerima setoran pengembalian pinjaman petani peserta dari kantor kantor cabang Bank Penyalur di lokasi proyek UPP Perkebunan.
Rekening khusus Bendaharawan Pemungut
Rekening yang dibuka di Bank Pemerintah terdekat untuk menampung pengembalian pinjaman petani peserta dari kantor-kantor cabang Bank penyalur di lokasi proyek UPP Perkebunan
RDPWP
Peta “ Rencana Dasar Pengembangan Wilayah Perkebunan “ Peta yang memberikan informasi tentang areal potensial untuk pengembangan usaha perkebunan yang disahkan oleh Gubernur dan instansi terkait setempat serta diketahui oleh Direktur Jenderal Perkebunan.
Rayungan
Bibit stek batang yang tunasnya telah tumbuh dan diperoleh dengan pemangkasan pucuk batang tebu bibrt yang bersangkutan terdiri dari satu atau dua tunas tiap stek.
Rainfed
Suatu sistem bercocok tanam di lahan kering/tegalan.
Racutan
Pemetikan dilakukan pada buah kopi yang tertinggal di pohon (lebih kurang 10%) besarnya > 5mm.
SL-PHT
Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu “ Pelatihan petugas dan petani secara berjenjang yang bertujuan untuk memasyarakatkan PHT (Pengendalian Hama/Penyakit Terpadu).
SPI
Standar Pertanian Indonesia
Sumpingan
Bibit yang ditanam pada ujung juringan, digunakan sebagai bahan sulaman jaringan sekitarnya.
Surat Pernyataan Mutu (SPM)
Surat pernyataan dari eksportir bahwa barang yang akan diekspor telah memenuhi persyaratan mutu dalam mutu Standar Perdagangan (SP)
Sistem Tanaman Tertutup
Apabila tanaman yang diusahakan mengelompok dalam satu/lebih bidang hamparan yang jelas batasnya dengan jarak teratur. Sistem tanaman tertutup terbagi atas tiga yaitu : Tanaman tunggal, tanaman campuran dan tanaman tumpang sari, (a) Monokultur (tanaman tunggal ) Adalah satu jenis tanaman yang ditanam dalam satu bidang lahan dan tidak tercampur dengan tanaman tahunan lainnya. (b) Tanaman campuran Adalah dua atau lebih jenis tanaman yang ditanam didalam satu bidang lahan.
Sistem mixed farming
pertanian terpadu
SIPRAB
Sistem Penetapan Rendemen Adil dan Berimbang, yaitu suatu cara untuk mewujudkan keseimbangan rendemen bagi tanaman tebu rakyat yang digiling sepanjang masa giling.
Sertifikat Mutu
Surat pernyataan yang dikeluarkan oleh laboratorium Penguji Mutu, yang menyatakan bahwa partai barang yang diekspor telah memenuhi persyaratan mutu Standar Perdagangan (SP) berdasarkan hasil uji contoh barang yang mewakili partai barang yang siap diekspor.
Sertifikasi benih
Proses pemberian sertifikat benih tanaman setelah melalui pemeriksaan, pengujian dan pengawasan serta memenuhi semua persyaratan untuk diedarkan.
Sayur-sayuran
merupakan nama yang diberi kepada makanan pokok yang dimakan oleh manusia, tetapi tidak termasuk dalam kategori buah-buahan, kacang-kacangan, herba, rempah.
SAPTA USAHA ANJURAN
Tujuh upaya yang dianjurkan dalam melaksanakan Program Intensifikasi Tembakau, yaitu : Pemakaian benih unggul, Pengolahan tanah sesuasi baku teknis, Pengolahan tanah sesuai 4 tepat (jenis, dosis, waktu dan cara), Penyediaan air dan prakiraan cuaca, Perlindungan tanaman terhadap hama penyakit, Panen, Pengolahan hasil sesuai anjuran.
Sanitasi
Tindakan pembersihan kebun dari sumber infeksi/inokulum.
Tumpangsari
merupakan suatu usaha menanam beberapa jenis tanaman pada lahan dalam waktu yang sama, yang diatur sedemikian rupa dalam barisan-barisan tanaman.
TTVIP
Tanam Musim Penghujan yang dilaksanakan pada periode Oktober s/d Maret.
Tri Dharma Perkebunan
1. Perkebunan sebagai sumber devisa negara 2. Perkebunan sebagai pencegah erosi dan kesuburan tanah. 3. Perkebunan untuk memperluas lapangan pekerjaan
TMK
Tanam Musim Kemarau yang dilaksanakan pada periode April s/d September.
TOT
Training Of the Trainer.
Tembakau
(Nicotiana spp., L.) adalah jenis tanaman yang berdaun lebar yang berasal dari daerah Amerika Utara dan Amerika Selatan.
Teknologi mekanisasi
dalam arti luas bertujuan untuk meningkatkan produktifitas tenaga kerja, meningkatkan produktifitas lahan, dan menurunkan ongkos produksi. Penggunaan alat dan mesin pada proses produksi dimaksudkan untuk meningkatkan efesiensi, efektifitas, produktifitas, kualitas hasil, dan megurangi beban kerja petani.
TBS
Tandan Buah Segar
TBM
Tanaman Belum Menghasilkan
Tajar/Tiang Panjat
Tiang/penegak yang digunakan sebagai tempat tumbuhnya bibit atau tanaman agar dapat tumbuh ke atas. Tiang panjat ini dibedakan tiang panjat hidup (dadap, tun, kapok, dan lain sebagainya) dan tiang panjat mati (kayu besi, ulin, gelam dan lain sebagainya).
UPTD
Unit Pelaksana Teknis Daerah
UPP
Unit Pelayanan Pengembangan Perkebunan dalam rangka pembangunan kebun rakyat yang mdiputi UPP Swadana/BLN.
UPH
Unit Pengolahan Hasil
Up Rooting
Pembongkaran tanaman yang beraJih fungsi dari jenis tanaman semula menjadi jenis tanaman lain atau untuk non tanaman.
UP
Usaha Perkebunan : Kegiatan untuk melakukan usaha budidaya dan atau usaha industri perkebunan.
UIP
Usaha Industri Perkebunan : serangkai kegiatan pengolahan produksi tanaman perkebunan yang bertujuan untuk memperpanjang daya simpan dan atau meningkatakan nilai tambah.
UBP
Usaha Budidaya Perkebuan : Serangkaian kegiatan pengusahaan tanaman perkebunan yang meliputi kegiatan pratanam, penanaman, pemeliharaan tanaman dan pemanenan termasuk perubahan jenis tanaman.
Varietas Unggul
Varietas yang memiliki keunggulan produksi dan mutu hasil. tanggap terhadap pemupukan, toleran terhadap hama dan penyakrt utama, umur genjah, tahan terhadap kerebahan dan tahan terhadap (cekaman) lingkungan.
Varietas
Varietas adalah bagian dari suatu jenis yang ditandai dengan bentuk tanaman, pertumbuhan, daun, bunga, buah, biji dan sifat-sifat lain yang dapat dibedakan alam jenis yang sama.
www
Word Wide Web
WR
Winter Rendemen adalah suatu besaran efisiensi yang menunjukkan perbandingan antara hablur gula yang dihasilkan dengan hablur bentuk batang, daun dan lainnya.
Wash/pencucian
Kegiatan menghilangkan sisa-sisa selaput berdaging yang menempel pada kulit biji.
LPE
Laju Pertumbuhan Ekonomi
Letter of Credit (L/C)
Suatu surat yang dikeluarkan oleh Bank atas permintaan importir yang ditujukan kepada eksportir dan memberi hak untuk menarik wesel atas sejumlah uang yang disebutkan dalam L/C tersebut jika persyaratan yang tercantum dalam L/C dipenuhi.
Lembaga Sertifikasi
Suatu unit/instansi yang tidak memihak dan netral yang tidak diakreditasi untuk dapat melaksanakan sertifikasi.
Lelesan
Pemungutan buah kopi yang jatuh disekitar pohon untuk mencegah penyebaran hama bubuk buah.
Lateks Kebun
Getah pohon karet yang diperoleh dan pohon karet, berwama putih dan berbau segar. Umumnya lateks kebun hasil penyadapan mempunyai KKK (Kadar Karet Kering) antara 20-30 % serta bersifat kurang mantap sehingga harus diolah sesegera mungkin.
Kopi Hijau (green coffee)
Kopi biji kering (warna kehijauan).
Konversi Pinjaman
Pengalihan biaya pembangunan kebun menjadi pinjaman petani dengan menandatangani Surat Pengakuan Hutang (SPH), yang diterbitkan oleh Bank Penyalur dan disaksikan oleh Pemimpin Proyek atau Pejabat yang diberi kuasa
Konversi / Pengalihan Kebun
Proses penyerahan kebun plasma kebun petani kepada peserta setelah tanaman mencapai umur menghasilkan menurut jenis tanaman dan memenuhi standard fisik yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Perkebunan.
Kompos
Jenis pupuk organik
Komoditi
Sesuatu benda nyata yang relatif mudah diperdagangkan, dapat diserahkan secara fisik, dapat disimpan untuk suatu jangka waktu tertentu dan dapat dipertukarkan dengan produk lainnya dengan jenis yang sama, yang biasanya dapat dibeli atau dijual oleh investor melalui bursa berjangka
Komoditas Unggulan
adalah komoditas yang diunggulkan suatu daerah yang tumbuh dan berkembang dengan baik karena sesuai dengan agroklimat setempat ( kondisi tanah dan iklim ) yang mempunyai peran sebagai berikut : - Sebagai penghasil devisa dan mempunyai pangsa pasar yang besar dalam perdagangan lokal, regional maupun global. - Sebagi sumber penghasilan dan pendapatan utama yang tersebar disebagian wilayah diantaranya sudah menjadi komoditas sosial di Jawa Barat. - Merupakan komoditas spesifik lokalita yang mempunyai keunggulan, kompetitif dan kooperatif. - Berkembang dan menjadi unggulan daerah.
Klonalisasi
Upaya perbaikan tanaman dengan cara vegetatif , dengan metode perbanyakan melalui okulasi, sambungan, stek, cangkok dan perundukan.
Klon
Benih yang diperoleh dengan pembiakan vegetatrf, baik melalui okulasi, penyambungan, susuan maupun dengan cara stek
KKUD
Kredit Kepada KUD dan Kredit Likuidasi Bank Indonesia dalam rangka pembiayaan pemliharaan kebun plasma di proyek PIRBUN.
KKPA
Kredit Koperasi Primer untuk Anggotanya
KKK
Suatu angka yang menunjukkan besarnya kandungan karet dalam bahan olah karet yang dinyatakan dalam persen (%)
KIMBUN
Kawasan Industri Masyarakat Perkebunan
Kelompok Tani
Kumpulan para petani yang terdiri dari dua puluh sampai dengan tiga puluh orang yang terikat secara non formal dalam satu wilayah kelompok yang bekerjasama atas dasar saling asih, saling asah dan saling asuh, untuk keberhasilan usaha taninya yang diketuai oleh seorang ketua kelompok.
Kegiatan P2WK
Merupakan upaya penanganan Wilayah Khusus melalui pengembangan tanaman perkebunan pada kelompok Proyek Peningkatan Produksi Perkebunan. Wilayah-wilayah khusus tersebut meliputi : Kawasan Timur Indonesia; Wiayah Daerah Aliran Sungai; Wiayah Terpencil/Tertinggal ; Wilayah Pantai / Pasang Surut dan Wilayah Kritis.
Kebun Plasma
Bagian wilayah plasma yang dibangun oieh perusahaan inti dengan jenis tanaman perkebunan tertentu yang kemudian dialihkan menjadi milik petani peserta.
Kebun Perbanyakan (KP)
Kebun yang dibangun baru atau/dari kebun produksi yang dipelihara untuk menghasilkan stek.
Kebun Induk
Kebun yang dibangun dengan design khusus sehingga perkawinan liar dapat dicegah, persilangan yang diinginkan dimungkinkan terlaksana, baik itu perkawinan silang secara alami maupun perkawinan buatan
Kebun Entres
Kebun yang dibangun khusus untuk diambil entresnya sebagai bahan okulasi atau disambung atau disusukan dengan batang bawah.
KBPU
Kebun Bibit Pokok Utama : Kebun bibit yang disdenggarakan untuk menyediakan bibit bagi Kebun bibit Pokok, Bibit disuplai oleh P3GI
KBP
Kebun Bibit Pokok yaitu kebun bibit yang disdenggarakan untuk menyediakan bibit bagi Kebun Bibit Nenek (KBN)
KBI
Kebun Bibit Induk : Kebun bibit yang disdeng¬garakan untuk menyediakan bibit bagi Kebun Bibit Datar
KBP
Kebun Bibit Pokok yaitu kebun bibit yang disdenggarakan untuk menyediakan bibit bagi Kebun Bibit Nenek (KBN)
JITUT
Jaringan Irigasi Usaha Tani
Jides
Jaringan Irigasi Pedesaan
Inspection Service
Pemeriksaan terhadap pelaksanaan proyek.
IKTA
Izin untuk mempekerjakan Tenaga Kerja Warga Negara Asing Pendatang. Adalah izin tertulis yang diberikan oleh Menteri Tenaga Kerja atau Pejabat yang dltunjuk kepada pemohon untuk mempekerjakan TKWNAP di Indonesia dengan menerima upah atau tidak selama waktu tertentu dan pada jabatan tertentu.
IKR
Intensifikasi Kapas Rakyat : Upaya meningkatkan produktifitas dan mutu produksi kapas melalui penerapan paket teknologi Sapta Usaha, untuk meningkatkan pendapatan petani, perluasan kesempatan kerja, penghematan/peningkatan devisa.
IFS
Integrated Farming System
IFAD
International Fund For Agriculture Development
HPS / OE
Harga Perhitungan Sendiri / Owner`s Esti¬mate harga standar untuk keperluan tender yang didasarkan atas kegiatan survai pasar
Hortikultura
berasal dari bahasa Latin hortus (tanaman kebun) dan cultura (budidaya), dan dapat diartikan sebagai budidaya tanaman kebun. Bidang kerja hortikultura meliputi pembenihan, pembibitan, kultur jaringan, pemanenan, pengemasan dan pengiriman.
Hibah
Bantuan berbentuk uang, barang dan/atau jasa yang diberikan kepada petani peserta untuk pengembangan perkebunan rakyat yang tidak perlu dibayar kembali
HGU
Hak Guna Usaha (Pasal 26, 29 dan 30) Undang-undang Nomor 5 Tahun 1960. Hak untuk mengusahakan tanah yang dikuasai langsung oleh negara dalam jangka waktu pal¬ing lama 35 tahun dan dapat diperpanjang dengan waktu paling lama 25 tahun. Yang dapat mempunyai HGU ialah: (a) Warga Negara In¬donesia, (b) Badan Hukum yang didirikan menurut hukum Indonesia dan berkedudukan di Indonesia. HGU dapat dijadikan jaminan pinjaman dengan dibebani hak tanggungan. HGU juga dapat diberikan atas tanah yang luasnya paling sedikit 5 Ha, dengan ketentuan bahwa jika luasnya 25 Ha atau lebih harus memakai investasi modal yang layak dan teknik perusahaan yang baik. HGU dapat beralih dan dialihkan kepada pihaklain. HGU hapus, karena: (a) jangka waktunya berakhir; (b) dihentikan sebelum jangka waktunya berakhir karena sesuatu syarat tidak dipenuhi; (c) dilepaskan oleh pemegang haknya; (d) dicabut oleh kepentingan umum; (e) ditelan-tarkan; (f) tanahnya musnah; (g) ketentuan dalam pasal 30 ayat 2
HET
Harga Eceran Tertinggi (untuk gula)
GPPI
Gabungan Pengusaha Perkebunan Indonesia
GPP
Gabungan Pengusaha Perkebunan
Ginnery
Pabrik pengolah kapas berbiji
Germas
Gerakan Massal.
Gapoktan
gabungan dari beberapa kelompok tani yang melakukan usaha agribisnis di atas prinsip kebersamaan dan kemitraan sehingga mencapai peningkatan produksi dan pendapatan usahat ani bagi anggotanya dan petani lainnya.
GAPKINDO
Gabungan Perusahaan Karet Indonesia
Link : https://gapki.id
Harga Af Pabrik
Harga jual gula Bulog kepada penyalur dari pabrik gula
Hablur
Gula Murni dalam bentuk kristal
GAPKI
Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia
FAMNI
Federasi Minyak dan Lemak Nabati Indonesia
Empon - Empon
Kumpulan nama obat - obatan yang berasal dari akar/rimpang (Jahe, Kunir, Kunyit)
Diversifikasi/penganekaragaman pangan
adalah proses pemilihan pangan yang tidak tergantung pada satu jenis saja, tetapi diharapkan dari berbagai jenis bahan pangan.
Demplot
Demontrasi Plot : Petak percontohan
CCDC
Coorporate Commodity Development Center
Benih Rekalsitran
Benih Rekalsitran adalah benih yang cepat kehilangan daya tumbuhnya.
Benih Pokok
Benih Pokok adalah keturunan pertama dari Benih Dasar atau Benih Penjenis yang memenuhi standar mutu kelas Benih Pokok.
Benih Penjenis (breeder seed)
Benih Penjenis (breeder seed) adalah benih yang diproduksi dibawah pengawasan pemulia yang bersangkutan dengan prosedur baku yang memenuhi sertifikasi sistem mutu hingga tingkat kemurnian genetik varietas (true - to - type) terpelihara dengan sempurna.
Benih Introduksi
Benih Introduksi adalah benih varietas baru/klon/hibrida/ galur/mutan/benih transgenik yang didatangkan dari luar negeri dan belum pernah beredar atau diperdagangkan di Indonesia.
Benih Hibrida
Benih Hibrida adalah keturunan pertama (F1) yang dihasilkan dari persilangan antara 2 (dua) atau lebih tetua pembentuknya dan atau galur induk/inbrida homozigot.
Agribisnis
Pengembangan usaha tani secara terpadu sejak dari penyediaan agro Input, penanaman sampai pemasaran hasil
Agensia Hayati
Salah satu sarana pengendalian OPT berupa Parasit, Predator, Patogen (Jamur, Virus, Bakteri)
Benih Dasar
Benih Dasar adalah keturunan pertama dari Benih Penjenis yang memenuhi standar mutu kelas Benih Dasar.
Benih Bina
Benih Bina adalah benih dari varietas unggul yang produksi dan peredarannya diawasi dan telah dilepas oleh Menteri Pertanian
Benih Bersertifikat
Benih Bersertifikat adalah benih yang telah melalui proses pengujian, sehingga terjamin mutunya.
B F
Boumont Fukunaga : Sistim pangkasan rejuvinasi dengan menggunakan sistem bans/ blok siklus 2-4 tahun.
AEPA
Asosiasi Eksportir Pala Indonesia
AELI
Asosiasi Eksportir Lada Indonesia
AEKI
Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia
ACPC
Asosiation of Coffee Producing Countries
AAS
Asosiasi Alkohol dan Spiritus